Wednesday, June 30, 2010

Akses Domain Co.Cc Tanpa www

Waktu itu saya iseng-iseng mengecek scor blog saya lewat Website Grader, disitu ada laporan-laporan dan salah satu laporan itu membuat saya bingung , coba lihat deh :
Blog infoDisitu dituliskan domain poetra-anoegrah.co.cc dan www.poetra-anoegrah.co.cc adalah domain yang berbeda.
kemudian saya coba mengakses domain saya tanpa www ,saya heran kok malah di bawa ke situs lain walaupun memang disitu ada anjuran untuk menuju ke www.poetra-anoegrah.co.cc tapi kalau pengunjung blog tidak tahu gimana , sama juga bohong dong !

Bingung harus gimana dan untung saya menemukan blognya mas doyok yang bisa menjawab semua impian saya ( hehehe )
Buat yang mengalami kasus seperti saya, pasti ingin tahu caranya membuat domain co.cc dapat diakses tanpa WWW bukan ? begini caranya :

1. Pertama kamu harus tahu IP address blog kamu
Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengetahuinya IP Address blog, tapi saya akan gunakan yang paling mudah saja.
-> Ping blog - Klik start pada komputer kemudian klik run , ketikkan pada kolom dengan tulisan CMD atau Command Prompt klik ok.

Blog Info

-> Nanti akan muncul kotak seperti gambar dibawah ini ! ketikkan ping www.namadomain.co.cc

Blog Info

-> Tekan Enter untuk mengetahui IP Address kamu.

Blog Info

2. Setting di Co.CC
-> Silahkan login ke akun CO.CC kamu
Host : isi dengan alamat blog Anda tanpa www, misal: poetra-anoegrah.co.cc
TTL : biarkan default
Type : pilih A
Value : isi dengan IP yang telah Anda dapatkan

Blog Info

-> Kemudian setup. Biasanya membutuhkan waktu 48 jam . tapi saya coba hanya membutuhkan waktu yang tidak lama langsung bisa diakses.

3. Setting di blogger.com

-> Login akun blogger kamu . Pilih Pengaturan Klik publikasikan.
-> Kemudian centang checklist redirect domainanda.co.cc to www.domainanda.co.cc

Blog Info

Sehingga akan auto redirect ke www.domainanda.co.cc bila anda mengakses melalui domainanda.co.cc.

Selesai deh .. selamat mencoba ya ..